BeritaDaerahEkonomi

Pemkab Tanah Datar Sukses Gelar Gerakan Pangan Murah Ketiga Kali

Tanah Datar – Dalam rangka stabilisasi pasokan dan harga pangan di Kabupaten Tanah Datar, Gerakan Pangan Murah (GPM) kembali diselenggarakan. Bertempat di halaman Kantor Camat Sungai Tarab, Rabu (11/9), acara ini mendapat perhatian luas dari masyarakat Sungai Tarab.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Tanah Datar, Alfian Jambra, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan yang ketiga kalinya diadakan.
“Kami telah melaksanakan GPM dua kali, pertama menjelang Hari Raya Idul Fitri 1424 H di Pasar Batusangkar dan sekarang di Kantor Camat Sungai Tarab. GPM adalah upaya menekan laju inflasi dan mengendalikan harga bahan pokok,” ujarnya.

Ia juga mengungkapkan dukungan dari Dinas Pangan Sumbar dan Bulog berupa bantuan beras sebanyak 1 ton dan bahan pokok lainnya.
“Kami mengimbau masyarakat agar bijak berbelanja sesuai kebutuhan dan menghentikan kebiasaan konsumsi yang boros,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua PKK Tanah Datar, Lise Eka Putra, menekankan pentingnya program ini dalam membantu masyarakat dengan ekonomi sulit.
“GPM bertujuan untuk membantu masyarakat, khususnya ibu rumah tangga, memenuhi kebutuhan pokok dengan harga lebih terjangkau dari pasaran. Kami berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkala,” ucap Lise.

Produk-produk yang ditawarkan dalam GPM mencakup berbagai kebutuhan pokok dengan harga yang lebih murah dari pasaran, termasuk minyak goreng, telur, beras premium, cabai merah, bawang merah, ikan nila, dan gula pasir.

Dengan adanya GPM, pemerintah berharap dapat mendukung kesejahteraan masyarakat dan memastikan harga pangan tetap terjangkau di Tanah Datar.