BeritaDaerahPemilu 2024Politik

Talkshow KNPI : Peranan Pemuda dalam Pemilu dan Pilkada Serentak 2024

Padang – Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 merupakan momen krusial dalam kancah politik Indonesia, di mana peran pemuda mendapat sorotan khusus karena tingginya pemilih dari kalangan pemuda dan banyaknya pemuda yang terjun bertarung dalam perpolitikan 2024. Topik pembahasan ini diangkat oleh KNPI dalam bentuk talkshow terbatas. 

Disamping itu, Para Tokoh dari berbagai kalangan merespon fenomena tersebut sebagai suatu hal yang perlu didukung, hal tersebut diungkapkan dalam berbagai macam komentar dan masukan serta pandangan mereka tentang dinamika politik yang sedang berlangsung serta ekspektasi terhadap kontribusi pemuda.

Ketua MPI Sumbar, Fadly Amran, menekankan pentingnya keterlibatan pemuda dalam politik, termasuk edukasi dan publikasi terkait politik. Dirinya sangat mengapresiasi KNPI yang mendukung anggotanya berkiprah di dunia politik, meski berasal dari berbagai partai.

“Kebaikan dalam politik harus dipublikasikan sebagai edukasi publik guna menghindari manipulasi. Kursi politik bagi pemuda kini lebih terbuka, sehingga diharapkan membawa angin perubahan, terutama bagi para kader KNPI”. Ucapnya kepada para hadirin talkshow. 

Profesor Ilmu Politik Unand, Asrinaldy, berkomentar tentang pentingnya pemilu yang mencerminkan nilai-nilai demokrasi. Tema yang menjadi sorotan adalah terkait Indonesia sebagai negara hukum.

“Hukum di Indonesia masih menghadapi tantangan dalam dunia politik, khususnya terkait penciptaan hukum yang kontradiktif. Peran pemuda penting untuk menciptakan keseimbangan politik dan memastikan aspirasi masyarakat didengar”. Imbuhnya dalam sesi diskusi talkshow. 

Wartawan Senior, Hendra Makmur, mengingatkan tentang sejarah keterlibatan pemuda dalam politik yang mulai aktif sejak Pemilu 1999 dan bagaimana perkembangan serta pergeseran paradigma politik yang terjadi hingga saat ini. 

“Politik saat ini telah mengalami pergeseran paradigma dimana pemuda dengan ide-ide inovatifnya mulai mengambil peran penting. Hal ini dianggap positif karena dapat membawa perubahan yang signifikan dan berkelanjutan untuk masyarakat dan lingkungan”. Ungkapnya kepada para hadirin. 

Ketua DPD KNPI Sumbar, Nanda Satria, menyatakan kebanggaannya atas beberapa anggota KNPI Sumbar yang telah terpilih dalam legislatif serta menekankan pentingnya mendorong lebih banyak keterwakilan pemuda untuk memastikan bahwa nilai-nilai lokal penting untuk dijaga. 

“Penting untuk mempertahankan nilai-nilai lokal dalam politik untuk tetap terjaga. Selain itu, perlu juga untuk memotivasi mereka yang belum terpilih untuk tidak menyerah dan menjadikan ketekunan tokoh politik nasional sebagai contoh”.

Semua tokoh sepakat bahwa pemuda perlu memainkan peran strategis dalam Pemilu dan Pilkada Serentak 2024. Melalui inovasi, keterbukaan, dan komunikasi yang efektif, diharapkan mereka dapat membawa perubahan yang diidamkan untuk dirasakan oleh masyarakat dan negara. Keterlibatan aktif pemuda diharapkan tidak hanya memperkaya dinamika politik tetapi juga memastikan pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan di Indonesia.