BencanaDaerahEkonomiSosbud

Wabup Pasbar Apresiasi Inovasi SD N 20 Talamau dalam Peringatan Isra Mikraj

Wakil Bupati Pasaman Barat, Risnawanto, menghadiri peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW 1445 H yang diselenggarakan oleh SD Negeri 20 Talamau di Rantau Pauh Nagari Talu, Kecamatan Talamau. Kamis (8/2)

Acara yang bertema ‘Bergerak, Berjalan, dan Menaikkan Kualitas Iman, Taqwa, serta Kinerja Bersama’ ini juga diikuti oleh wali murid dan mendapat apresiasi tinggi dari Wabup Risnawanto atas inovasi sekolah pasca-musibah gempa.

Dalam acara yang juga dihadiri Sekretaris Dinas Pendidikan, Forkopimda, dan stakeholder terkait, “Dari musibah gempa yang melanda, banyak Hikmah yang bisa kita ambil dan membuat kita bisa bangkit. Kami bangga kepada SD Negeri 20 Talamau ini, banyak gagasan dan inovasi yang dilakukan. Seperti mendirikan rumah Tahfiz Nurul Etika, menjalankan program Pantas (Penjemputan Kembali Anak yang Putus Sekolah),” kata Risnawanto.

Risnawanto juga menggarisbawahi pentingnya dukungan wali murid dalam mencapai visi dan misi pendidikan di Pasaman Barat, yaitu mencerdaskan kehidupan anak bangsa. Ia menekankan peran SD N 20 Talamau dalam memulihkan trauma siswa pasca-gempa, serta upaya sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui berbagai program, termasuk pembangunan rumah Tahfiz Nurul Etika dan kegiatan ekstrakurikuler.

Kepala SD N 20 Talamau, Titis Suryani, menambahkan bahwa sekolah kini berhasil memulihkan trauma siswa dan secara bertahap membangun kembali sarana prasarana pendidikan. Suryani juga menyoroti program penjemputan anak putus sekolah yang telah berhasil membawa kembali 5 anak ke bangku sekolah, dimana 4 di antaranya adalah saudara kandung.

Kegiatan Isra Mikraj ini bukan hanya menjadi momen spiritual, tapi juga menandai kebangkitan dan kemajuan SD N 20 Talamau dalam menghadapi tantangan pasca-bencana, dengan dukungan kuat dari wali murid dan pemerintah daerah.