Uncategorized

Ribuan Jamaah Ikuti Sholat Idul Adha 1444 H di Masjid Jihad Balai Balai, Kota Padang Panjang

Padang Panjang, (Rabu, 28/06) – Pada pagi yang penuh berkah, sekitar 2.000 orang jamaah berkumpul di Masjid Jihad Balai Balai, Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, untuk melaksanakan Sholat Idul Adha 1444 H. Acara tersebut berlangsung dengan khidmat dan berjalan lancar, dihadiri oleh jamaah yang datang dari berbagai penjuru kota.

Pukul 07.30 WIB, Sholat Idul Adha dimulai dan berlangsung hingga pukul 07.50 WIB. Khatib yang membawakan ceramah pada kesempatan tersebut adalah Zulhamdi, LC. M.A, yang menyampaikan pesan-pesan bermakna dalam khutbahnya.

Dalam ceramahnya, Zulhamdi menyampaikan beberapa poin penting terkait makna dari perayaan Idul Adha seperti pentingnya menjadi haji yang mabrur, bukan hanya sekadar memiliki gelar haji, melainkan memiliki perubahan perilaku dan sikap yang lebih baik setelah menunaikan ibadah haji. Haji yang mabrur adalah mereka yang berubah menjadi lebih lemah lembut dalam berbicara, rajin bersedekah, dan suka berbagi dengan sesama. Jadikan, momentum Idul Adha juga dijadikan sebagai refleksi untuk mengingatkan tentang pentingnya berhubungan baik dengan masyarakat di sekitar kita, peduli terhadap kondisi dan kebutuhan mereka. d. Mengajak untuk menggunakan harta benda dengan bijaksana dan beramal sholeh, karena harta tidak akan dibawa mati dan akan menjadi bekal di akhirat.

Seusai pelaksanaan Sholat Idul Adha, jamaah juga akan melaksanakan ibadah kurban dengan menyembelih 12 ekor sapi yang telah disiapkan. Kurban menjadi simbol pengorbanan dan menunjukkan pentingnya berbagi kepada sesama dalam menyebarkan kebahagiaan di hari raya ini.

“Potong kurban adalah simbol memotong sifat-sifat buruk seperti kerakusan dan sifat-sifat binatang dalam diri kita. Semoga dengan semangat kurban ini, kita dapat lebih bermakna dalam berbagi dan berbuat kebaikan bagi sesama,” ungkap Zulhamdi.