BeritaDaerah

Gubernur Sumbar Resmikan Kegiatan TMMD/N di Nagari Koto Tuo Kab. Tanah Datar

Tanah Datar – Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, secara resmi membuka kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa/Nagari (TMMD/N) ke-120 di Lapangan Amphibi Nagari Sungai Tarab, Kec. Sungai Tarab. Kegiatan ini diinisiasi untuk mempercepat pembangunan di wilayah tersebut dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat Kabupaten Tanah Datar.

TMMD/N merupakan upaya lintas sektoral yang melibatkan TNI, kementerian, pemerintah daerah, dan komponen masyarakat lainnya. Sasaran utamanya adalah desa-desa miskin atau terpinggirkan, daerah-daerah terisolir, perbatasan, serta daerah-daerah yang terdampak bencana.

“TMMD/N ke-120 ini bertujuan untuk membangun desa dengan cepat dan efektif, membawa kemajuan dan manfaat bagi masyarakat Tanah Datar,” ujar Gubernur Mahyeldi.

Kegiatan TMMD/N di Nagari Koto Tuo akan berlangsung selama sekitar satu bulan, dari tanggal 8 Mei hingga 6 Juni 2024. Kegiatan tersebut mencakup pembangunan fisik dan non-fisik seperti infrastruktur, sarana prasarana, rehabilitasi rumah tidak layak huni, dan pembukaan jalan untuk meningkatkan perekonomian daerah.

Bupati Tanah Datar, Eka Putra, menjelaskan bahwa dalam TMMD/N kali ini akan dibuka jalan sepanjang 4,46 kilometer dengan lebar 6 meter. Pembangunan jalan ini didukung oleh dana APBD Tanah Datar sebesar Rp1 miliar, bantuan dari Mabes TNI sebesar Rp500 juta, dan sumbangan dari donatur lainnya.

“Pembukaan jalan ini diharapkan dapat memudahkan para petani di Kecamatan Sungai Tarab, khususnya Nagari Koto Tuo, dalam transportasi pengambilan panen dari kebun dan pengiriman ke pasar,” kata Bupati Eka Putra.

Dalam acara tersebut, dilakukan juga penyerahan secara simbolis bantuan dari PT Semen Padang berupa 250 zak semen dan Baznas Sumbar sebesar Rp125 juta sebagai dukungan dalam pelaksanaan TMMD/N ke-120.