BeritaDaerahPemilu 2024Politik

KPU Sumbar Agendakan Rapat Pleno Rekapitulasi Pemilu 2024 Selesai Dalam Tiga Hari

Padang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat telah memulai rapat pleno rekapitulasi penghitungan perolehan suara dan penetapan hasil Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024. Kegiatan ini berlangsung di salah satu hotel di Kota Padang, dimulai pada Minggu (3/3/2024).

Tahapan rekapitulasi dilakukan secara berjenjang, dimulai dari tingkat kecamatan hingga tingkat provinsi. Ketua KPU Sumbar, Surya Efitrimen, menyatakan bahwa proses perhitungan suara akan berlangsung selama tiga hari berturut-turut, dari tanggal 3 hingga 5 Maret 2024.

“Sesuai target, proses tahapan rapat pleno rekapitulasi tingkat provinsi diharapkan dapat selesai pada tanggal 5 Maret mendatang. Hasilnya akan disampaikan kepada tingkat nasional, yaitu KPU RI,” ujar Surya.

Rapat pleno tersebut dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Bawaslu Sumatera Barat dan Bawaslu kabupaten/kota, KPU kabupaten/kota, saksi peserta pemilu, pemantau pemilu, wartawan, dan masyarakat. Selain secara langsung, acara ini juga dapat disaksikan melalui live streaming di kanal YouTube KPU Sumatera Barat.

“Kami berharap kegiatan rapat pleno terbuka rekapitulasi tingkat provinsi dapat berlangsung dengan lancar, kondusif, dan menghasilkan data yang akurat. Kegiatan ini juga dijaga ketat oleh pihak kepolisian,” tambahnya.

Dengan demikian, proses rekapitulasi pemilu yang dilakukan di Provinsi Sumatera Barat diharapkan dapat memastikan keabsahan dan keakuratan hasil perolehan suara sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.