BeritaDaerahPemilu 2024Politik

Para Pemeran Dirty Vote Ikut Serta Turun Ke Jalan Dukung Aksi Kamisan di Kota Padang

Padang – di Gerbang Utama Kampus Universitas Andalas Padang, tepat pukul 16.30 WIB, sekumpulan aktivis LBH Padang melangsungkan Aksi Kamisan ke-82 yang bertepatan pada tanggal 29 Februari 2024. Para pemeran film Dirty Vote turut serta hadir menyuarakan HAM, seperti Feri Amsari, Zainal Arifin Mochtar dan Bivitri Susanti. Mereka fokus mengkritisi kebijakan presiden berikan bintang kehormatan kepada terduga pelanggar HAM berat.

Aksi tersebut menjadi sorotan para mahasiswa dan masyarakat yang lalu lalang karena menyuarakan kritik kepada rezim yang berkuasa saat ini. Bukan hanya hadir, para pemeran dirty vote juga ikut berorasi bersama beberapa orang lainnya.

Dalam orasinya, seorang aktor dalam cuplikan film dirty vote sekaligus dosen FH Unand, Feri Amsari menyampaikan bahwa aksi kamisan merupakan sebuah wadah keadilan bagi masyarakat yang selama ini dihalangi hak suara konstitusionalnya.

“Aksi kamisan tentunya menjadi wadah bagi seluruh masyarakat yang ingin mendapatkan keadilan dan hak suara konstitusionalnya, aksi ini akan terus berlanjut secara konsisten demi tegaknya keadilan”. Ucapnya dalam sebuah orasi singkat didepan wartawan.

Selain itu, seorang aktor wanita dalam cuplikan film dirty vote yang juga berstatus sebagai dosen STHI Jenter, Bivitri Susanti menyatakan bahwa pelanggaran HAM di Indonesia sudah sangat memprihatinkan, hal ini diperparah oleh para pemudanya saat ini yang tidak paham dengan sejarah kelam pelanggaran HAM di negara ini, tidak paham dengan kebobrokan pemerintahan Indonesia, terutama rezim sekarang yang sudah seperti orde baru.

“Saya sangat prihatin kondisi HAM di Indonesia, dimana para penguasa seolah acuh dan tidak peduli, hal ini membuat keluarga korban tidak memiliki hak untuk menyuarakan. Para pemuda bangsa yang seharusnya memperbaiki bangsa justru juga terkesan acuh dan tidak peduli pada sejarah kelam bangsa”. Imbuhnya dalam sebuah orasi.

Selain itu, dirinya juga mempromosikan LBH sebagai salah satu aktivis yang murni berjuang untuk masyarakat tertindas dan tidak bisa menyuarakan hak konstitusionalnya. Dirinya mendukung penuh aksi kamisan yang rutin dilaksanakan oleh LBH Kota Padang.

“LBH berjuang untuk menyuarakan hak-hak keluarga korban pelanggaran HAM”. Tambahnya dalam orasi.

Para aktivis LBH Kota Padang berkomitmen untuk senantiasa konsisten melakukan aksi kamisan.