DaerahPemilu 2024Politik

Pemda Tanah Datar Serahkan Dana Hibah untuk Tahapan Pilkada 2024

Tanah Datar – Bupati Tanah Datar, Eka Putra, secara simbolis menyerahkan dana hibah Pilkada serentak tahun 2024 tahap 1 kepada Ketua KPU dan Bawaslu Kabupaten Tanah Datar. Dalam acara tersebut, Dicky Andrika, Ketua KPU Tanah Datar, menyampaikan beberapa perhatian terkait pelaksanaan Pilkada.

“Perlunya kewaspadaan terhadap cuaca ekstrem yang dapat menjadi kendala dalam pelaksanaan distribusi logistik ke daerah-daerah di Kabupaten Tanah Datar,” ujar Dicky Andrika.

Andre Azki, Ketua Bawaslu Tanah Datar, menyatakan bahwa secara umum kegiatan kampanye dilaksanakan dengan tertib dan diawasi langsung. Namun, ia menegaskan bahwa pelanggaran akan mendapatkan teguran, baik lisan maupun tertulis, untuk mencegah penindakan lebih lanjut. Azki juga mencatat keterbatasan sumber daya manusia untuk pengawasan Bawaslu, khususnya tingkat nagari, dan mengajak kerjasama masyarakat dalam pengawasan partisipatif.

“Kami mengajak masyarakat untuk menjadi pengawas partisipatif pada Pemilu 2024. Laporkan Bawaslu kepada Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) jika terdapat pelanggaran yang terbukti,” tandas Andre Azki. Pelaporan tersebut, jika sah, dapat mengakibatkan sanksi pemecatan tidak terhormat bagi anggota Bawaslu yang melanggar aturan.

Eka Putra, Bupati Tanah Datar, menekankan keseriusan Pemda dalam memberikan dukungan untuk kelancaran tahapan Pilkada tahun 2024. “Kami telah mencairkan dana hibah Pilkada tahap 1 sebagai bentuk dukungan nyata. Dana ini sebesar Rp10.600.000.000 untuk KPU Tanah Datar dan Rp5.003.076.400 untuk Bawaslu Tanah Datar,” ujar Eka Putra.

Penyerahan dana hibah ini diharapkan dapat memberikan dukungan finansial yang memadai untuk menjaga integritas dan kelancaran proses Pilkada serentak tahun 2024 di Kabupaten Tanah Datar.