BeritaDaerahSosbud

Bawaslu Agam Edukasi dan Ajak Siswa SLB Awasi Pemilu

Agam – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Agam mendorong penyandang disabilitas untuk turut mengawasi penyelenggaraan Pemilu serentak 2024.

Dorongan ini disampaikan Bawaslu Agam saat sosialisasi kepemiluan bagi pemilih pemula penyandang disabilitas, Rabu (26/7) di SLB Negeri Ampek Angkek.

Ketua Bawaslu Agam melalui Hendra Susilo menyampaikan sosialisasi kepemiluan bagi penyandang disabilitas ini bertujuan memberi pemahaman dan mensimulasikan pelaksanaan Pemilu.

“Pemilu lebih kurang tinggal enam bulan lagi. Semua pemilih memiliki peran dan kedudukan yang sama sesuai amanah UUD 1945. Oleh karena itu, siswa-siswi disabilitas perlu difasilitasi dan dibekali ilmu dalam menggunakan hak pilihnya,” ujar Hendra.

Dengan memahami tata cara pelaksanaan Pemilu lanjut Hendra, tentu peserta akan mampu mencegah dan mengawasi jika terjadi hal yang di luar regulasi penyelenggaraan Pemilu.

Untuk itu, pihaknya mensimulasikan prosedur pemungutan suara kepada peserta yang dipandu Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Humas Bawaslu Agam, Okta Muhlia.

“Selain mensimulasikan tata cara pemungutan suara, Bawaslu Agam juga memberikan beberapa materi terkait kepemiluan agar peserta tidak sebatas berpartisipasi menggunakan hak pilih, namun juga ikut mengawal dan mengawasi berjalannya tahapan Pemilu,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala SLBN 1 Ampek Angkek, Azizah mengapresiasi kegiatan yang diusung Bawaslu Agam tersebut. Menurutnya, anak didiknya juga perlu mendapatkan pemahaman mumpuni soal penyelenggaraan Pemilu.

“Kami sangat menyambut baik niat Bawaslu Agam merangkul siswa-siswi penyandang disabilitas dalam sosialisasi kepemiluan ini. Dengan kondisi yang spesial, siswa-siswi pemilih pemula disabilitas tentu membutuhkan pengetahuan Pemilu sehingga tidak kagok saat hari pemungutan suara,” ujarnya.

Kegiatan ini diikuti 7 SLB yang berada di Agam Timur, yaitu SLBN 1 Ampek Angkek, SLB Mutiara Agam Mandiri, SLB Etnik Kreatif Nusantara, SLB Baso, SLB Kita Sama, SLB Muftia Rahma dan SLB Amanah Bunda.