BeritaDaerahSosbud

Tokoh Muda Sumbar Sebut Kenaikan Harga BBM Sudah Berada Pada Jalur Yang Benar

Kabar pemerintah akan menaikkan harga BBM menadapat berbagai tanggapan dari banyak kalangan, salah satunya dari tokoh muda Sumbar Fadhlur Rahman. Fadhlur sapaan akrabnya menilai kebijakan menaikan harga BBM sudah pada jalur yang benar karena bisa mengurangi beban uang negara dalam menanggung subsidi BBM bagi masyarakat yang kurang mampu.”Saya sepakat apa yang dikatakan pemerintah dalam salah satu media nasional yang menyebutkan sebanyak 86 persen bahan bakar minyak (BBM) subsidi dinikmati golongan atas atau orang kaya,” ucapnya kepada media, Sabtu (27/08/2022).

Selain itu, menurut Fadhlur, kenaikan harga BBM juga bisa menjadi penyesuaian dan mengimbangi harga minyak dunia yang terus mengalami kenaikan yang bisa menjadi beban bagi APBN.

Setidaknya, kata fadhlur, dengan kenaikan harga BBM bisa membantu alokasi ketersediaan energi bersubsidi bagi masyarakat kurang mampu tetap terjaga dan penyaluran lebih benar benar tepat sasaran. “Dengan kenaikan ini, bisa mengurangi beban subsidi energi yang cukup tinggi dan dialihkan kepada masyarakat kurang mampu dan sektor yang benar-benar membutuhkan seperti pendidikan dan kesehatan,” ungkapnya.Namun yang jelas, menurut Fadhlur kenaikan harga BBM nanti pasti akan memengaruhi harga barang dan jasa yang di butuhkan masyarakat.

“Tinggal pemerintah bagaimana bisa menyesuaikan itu, misalnya tetap memberi BLT kepada masyarakat kurang mampu dan kenaikan upah di masyarakat. Semoga pemerintah siap dengan kondisi tersebut,” ujarnya.Terakhir, ia juga berharap kebijakan tersebut juga diikuti ketersediaan BBM disetiap SPBU selalu ada dan tidak mengalami kelangkaan serta pemerintah lebih memantau lalu lintas BBM terutama solar yang sering mengalami kelangkaan karena digunakan oleh orang orang tertentu seperti penambangan.